Minggu, 23 Oktober 2016

Mengenal Sublime Text (Plus Link Download)


Sublime Text merupakan aplikasi coding yang biasa digunakan untuk membuat website dengan html, css, ataupun javascript, sublime text juga mendukung Bahasa pemrograman lain seperti C++, C#, dan ASP. Sublime Text tersedia secara gratis, namun dengan catatan beberapa waktu sekali akan muncul pesan aktivasi saat akan menyimpan file, namun hal ini tidak menjadi masalah, tetapi jika anda ingin bebas dari pesan tersebut, anda bisa melakukan aktivasi secara online.

Yang membuat kami suka dengan Sublime Text adalah antarmuka yang segar dan sederhana serta warna teks yang menarik, membuat aktifitas ngoding menjadi lebih menyenangkan. Selain itu masih banyak kelebihan lain dari sublime text antara lain.


Multiple Selection
Dengan Multiple Selection, memungkinkan kita untuk mengubah kode pada baris yang berbeda secara bersamaan. Caranya adalah dengan meletakkan kursor pada kode yang akan diubah kemudian tekan Ctrl + Click, atau bisa juga dengan cara memblok kode yang akan diubah lalu tekan Ctrl + D.

Command Pallete
Command Pallet berfungsi untuk mengakses perintah yang sering digunakan dengan cepat. Caranya adalah dengan menekan Ctrl+Shift+P lalu cari perintah yang diinginkan.


Distraction Free Mode
Distraction Free Mode berfungsi untuk merubah layar menjadi penuh atau fullscreen. Caranya adalah dengan menekan  Shift + F11.


Find in Project
Fitur ini berfungsi membuka file dalam sebuah project dengan cepat dengan menekan tombol Ctrl+P.


Drag & Drop
Dengan ini pengguna dapat memasukkan file teks ke dalam editor hanya dengan menyeretnya sehingga secara otomatis akan muncul tab baru.


Split Editing
Split editing memungkinkan kita untuk mengedit file secara bersamaan dengan cara klik File kemudian pilih New View into File.


Multi Platform
Sublime Text bersifat multi plat form yang artinya bisa diinstal pada berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux dan MacOS.


Kedepan, Kami akan terus meggunakan sublime text dalam tutorial pembuatan web, untuk itu, silahkan download sublime text melalui link di bawah ini. Namun jika anda lebih nyaman menggunakan aplikasi lain seperti notepad++ juga tidak masalah, karna pada dasarnya fungsinya sama saja, hanya sedikit berbeda dari sisi fitur.


1 komentar: